23 Nov 2013

Mengenal Lebih Dekat Yamaha YZF-R1


PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah meluncurkan empat moge CBU-nya di Indonesia. Keempat moge tersebut akan melengkapi jajaran motorsport Yamaha di tanah air.
 
 
Salah satunya adalah Yamaha YZF-R1 yang terlahir menjadi salah satu superbike yang mengadopsi teknologi dari Yamaha YZR-M1, motor balap tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di arena balap MotoGP.

Salah satu teknologi canggih Yamaha YZF-R1 ini adalah crossplane crankshaft. Dengan teknologi ini Yamaha YZF-R1 menjadi sportbike pertama di dunia yang mengusung teknologi yang notabene juga diaplikasikan pada motor balap MotoGP. Crossplane crankshaft adalah poros engkol dengan desain saling silang atau dengan kata lain memiliki durasi pengapian 90 derajat.

Hal ini berbeda dengan biasanya dimana mesin 4 silinder menerapkan pola pengapian 180 derajat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan pola merata dan durasi yang saling bergantian mulai silinder pertama sampai keempat.

Beda dengan tipe mesin crossplane dimana pembakaran terjadi bergantian antara empat silinder namun dengan durasi yang tidak merata karena desain poros engkol yang saling bersilangan. Desain ini membuat tingkat redaman getaran mesin yang sempurna memanfatkan gaya tolak poros engkol yang saling bersilangan. Crossplane crankshaft mampu meraih torsi maksimum dengan cepat, sehingga tarikan menjadi responsif dan bertenaga di tiap tingkat putaran mesin.

Sementara itu, bahan magnesium sebagai penyusun pada subframe dan cover mesinnya terbukti ampuh mengurangi bobot motor secara keseluruhan. Dengan demikian pengaturan titik bobot (pusat massa) motor dapat disempurnakan sehingga kemampuan handling Yamaha YZF-R1 semakin handal.

Hadirnya perangkat digital elektronik yang mengatur responsibilitas bukaan throttle (gas) - D-Mode yang memberikan 3 tingkat pengaturan ini membuat aliran tenaga yang tersalurkan semakin terukur. Sehingga setidaknya ada 21 macam setingan mesin yang dapat dipilih saat berkendara.

Spesifikasi lengkap New Yamaha YZF-R1
Mesin
•    Type: 998cc, pendingin cairan, 4-stroke, DOHC, 16-katub (titanium intake valves)
•    Bore x Stroke: 78.0mm X 52.2mm
•    Rasio Kompresi: 12.7:1
•    Fuel Injection: YCC-T dan YCC-I MotoGP
•    Pengapian: Transistor Controlled Ignition (TCI)
•    Transmisi: 6-percepatan w/multiplate slipper clutch
Sasis
•    Suspensi Depan: Fork diameter 43mm; pengaturan penuh, travel 4.7inci
•    Suspensi Belakang: Monoshock w/piggyback reservoir; 4-mode pengaturan, travel 4.7inci
•    Rem Depan: Dual cakram 310mm; radial-mount forged kaliper 6-piston
•    Rem Belakang: Cakram 220mm; kaliper single-piston
•    Roda Depan: 120/70ZR17M/C 58W
•    Roda Belakang: 190/55ZR17M/C 75W
Dimensi
•    PxLxT: 81.5X28.1X44.5 (inci)
•    Tinggi Jok: 32.9inci
•    Wheelbase: 55.7inci

No comments:

Post a Comment